Posted by: gpia | July 7, 2011

Lakukanlah Sendiri

“…mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah…”. 2 Korintus 10:5
Pembebasan dari dosa tidaklah sama dengan pembebasan dari sifat manusiawi. Ada beberapa hal dalam sifat manusiawi, seperti prasangka, yang untuk menghancurkannya pemercaya harus mengabaikannya. Akan tetapi, ada hal-hal lain yang harus dihancurkan dengan kekerasan, yaitu, melalui kekuatan ilahi yang diberikan oleh Roh-Nya. Ada beberapa hal yang tidak perlu kita perangi, tetapi cukup dengan “berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari Tuhan…” (Keluaran 14:13). Akan tetapi, setiap teori atau pemikiran yang membentuk dirinya sebagai kubu penghalang yang “menentang pengenalan akan Allah” harus dengan tekun dihancurkan dengan menarik kuasa Allah, bukan dengan usaha manusia atau dengan kompromi (lihat 2 Korintus 10:4).
Hanya bila Allah telah mengubahkan sifat kita dan kita telah memasuki pengalaman pengudusan, maka perang itu dimulai. Perang itu bukan pertempuran melawan dosa; karena kita tidak pernah dapat berperang melawan dosa – Yesus Kristus telah memenangkannya dalam penebusan. Perang itu berkecamuk untuk mengubahkan hidup lahiriah kita menjadi hidup rohani. Ini tidak terjadi dengan mudah, dan Allah tidak bermaksud agar hal itu menjadi mudah. Ini hanya dapat terlaksana melalui serangkaian pilihan moral. Allah tidak membuat kita suci dalam pengertian watak; tetapi Dia telah membuat kita tidak bersalah di hadapan-Nya. Kemudian kita harus mengubahkan ketidakbersalahan itu menjadi sifat suci melalui pilihan moral yang kita buat. Pilihan-pilihan ini terus-menerus bertentangan dan bermusuhan dengan segala sesuatu dari hidup lahiriah kita yang telah berurat akar sangat dalam dan membentuk dirinya menjadi kubu penghalang “menentang pengenalan akan Allah”. Kita dapat berpaling, menjadikan diri kita tidak berharga bagi kerajaan Allah, atau dengan tekun kita dapat menghancurkan hal-hal tersebut dan mempersilakan Yesus untuk membawa banyak orang kepada kemuliaan (lihat Ibrani 2:10).
Oswald Chambers


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: