Posted by: gpia | November 12, 2009

Luangkan Waktu Untuk Mendengar

Luangkan Waktu Untuk Mendengar
“Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit, maka hal itu akan diberikan kepadanya.” Yakobus 1:5
Bila Anda sedang menghadapi suatu masalah, pertama-tama yang harus Anda minta kepada Tuhan ialah hikmat, bukannya uang, kuasa, maupun kesembuhan.
Hikmat Tuhan adalah kunci yang akan membuka setiap pintu dalam hidup Anda. Itu akan mengubahkan setiap kegagalan Anda menjadi keberhasilan. Jadi, janganlah membuang-buang kuasa doa Anda untuk memohon kepada Tuhan hal-hal yang Anda sangka perlu. Sebaliknya, dengarkanlah petunjuk yang diucapkan-Nya tentang situasi Anda.
Jika Anda tidak pernah mencoba hal itu sebelumnya maka inilah hal yang perlu Anda lakukan.
Pertama: Paparkan seluruh masalah Anda di hadapan Tuhan, bukan karena Dia tidak mengetahui hal yang sedang Anda alami, tetapi karena pemaparan itu membantu Anda untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang lebih objektif.
Saya ingat dahulu saya membawa masalah saya kepada ayah saya, A.W. Copeland. Ketika saya sedang menjelaskan kepadanya, masalah itu mulai terlihat berbeda bagi saya. Saya mendapat sudut pandang baru, dan selagi saya berbicara, dia menunjukkan segi-segi yang belum saya pertimbangkan. Mengiaskan masalah-masalah Anda kepada Tuhan, pokok demi pokok, akan membantu Anda mendapat hal yang sama.
Kedua: Dengarkanlah Roh Tuhan menasihati Anda. Berilah perhatian khusus pada perkataan-Nya yang tertera pada Firman. Besar kemungkinannya kekhawatiran akan masalah Anda telah menyesakkan Firman di hati Anda (Markus 4:18-19). Jika demikian, Anda perlu mengambil Alkitab dan mulai memasukkan Firman kembali ke dalam hati Anda. Lalu Roh Kudus akan mulai berbicara kepada Anda melalui Firman itu.
Pada saat Anda sedang mendengarkan, pastikanlah untuk tetap bersikap mau diajar. Bersiaplah untuk menerima teguran jika perlu. Jujurlah terhadap Tuhan. Ingatlah jalan-jalan yang telah keliru Anda langkahi dan akuilah itu kepada-Nya. Percayalah, dosa-dosa itu takkan mengejutkan Dia. Dia telah mengetahuinya. Pengakuan hanyalah memberi kesempatan kepada Anda untuk membuangnya.
Ketiga: Bertindaklah sesuai dengan hikmat yang diberikan Tuhan kepada Anda. Bersikaplah patuh. Jika tidak, hikmat yang ajaib itu tidak akan bermanfaat bagi Anda.
Pada saat Anda berdoa hari ini, sisihkanlah semua pendapat Anda dan mulailah mencari hikmat Tuhan. Itulah satu-satunya hal yang dapat memecahkan semua masalah yang sedang Anda hadapi. Itulah sesungguhnya hadiah paling berharga yang disediakan Tuhan bagi Anda. Carilah hikmat.
Kenneth


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: