Posted by: gpia | October 28, 2009

MENGAPA HASIL TUAIAN TIDAK DINIKMATI – HAKIM 6:1-6,14-16

Bangsa Israel yang dikenal sebagai bangsa pilihan Allah mengalami kesukaan besar selama tujuh tahun. Hidup mereka pada saat itu bagaikan orang gua di pegunungan sampai mereka bersedia memohon pertolongan Allah. Apa yang mereka tabut tidak pernah dinikmati. Karena semuanya dimusnahkan oleh orang Midian (ay. 1-6). Keadaan seperti ini tanpa disadari ada dalam kekristenan kita. Kita menabur tetapi tidak menikmati hasil tuaian sehingga kita menyalahkan Tuhan. Hasil tuaian adalah berkat-berkat Allah yang di-sediakan untuk kita.
Ada tiga hal penting yang perlu dipelajari dan diperhatikan dalam kekristenan kita:
1. Kejahatan dan dosa akan menghambat berkat-berkat Allah dalam hidup kita (ay. 1). Firman Allah berkata: “Sesungguhnya, tangan Tuhan tidak kurang panjang untuk menyelamatkan dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar, tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.” (Yesaya 59:1-2). Jika kita ingin diberkati, hiduplah dalam kekudusan dan belajar untuk hidup dalam tuntunan Roh Ku-dus sehingga kita diberikan kemampuan untuk melakukan yang terbaik bagi Tuhan.
2. Ketakutan dapat menghambat kita meraih berkat-berkat Allah (ay. 2, 11). Bangsa Israel hidup dalam ketakutan terhadap orang Midian sehingga mereka mencari tempat perlindungan yang salah dan harus hidup seperti orang-orang gua di gunung. Mereka tidak menyadari bahwa tempat perlindungan yang aman dan tenteram hanya ada dalam Yesus. Ketakutan dapat membuat kita salah mencari perlindungan. Masalah boleh ada tetapi belajarlah mencari perlindungan pada Allah.
3. Rendah diri/minder menghambat berkat-berkat Allah tercurah dalam hidup kita (ay. 5, 14). Rendah diri adalah sikap hati, perasaan dan tindakan yang meragukan kemahakuasaan Allah. Kuantitas dan kualitas yang dunia tunjukkan tidak ada artinya di hadapan Allah.
KUASA


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: