Posted by: gpia | October 8, 2009

Dilatih di Dalam Kesalehan

“Tetapi jauhilah takhyul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah.” 1 Timotius 4:7
Dara atlit yang berlari dalam maraton dua puluh enam mil biasanya telah berlatih selama bertahun-tahun. Begitu pula mereka yang berlari dalam lari arak dekat enam puluh meter. Dalam konfrontasi-konfrontasi yang lebih penting Lseperti melawan godaan—apakah kita boleh tidak sesiap itu, melarikan diri? Di dalam buku The Practice of Godliness, Jerry Bridges menulis,
Saat mendorong Timotius untuk melatih dirinya beribadah di dalam 1 Timotius 4:7, Paulus meminjam istilah dari dunia atletik. Kata kerja yang diterjemahkan secara beragam di dalam versi-versi Alkitab yang berbeda-beda sebagai “latihan,” “disiplin,” atau “melatih” sebenarnya menunjuk pada pelatihan atlit-adit muda…
Paulus berkata, “Latihlah dirimu agar menjadi saleh.” Anda dan saya bertanggung jawab untuk melatih diri kita. Kita bergantung kepada Allah agar dimampukan secara ilahi, tetapi kita tetap bertanggung jawab; dalam proses ini kita tidak boleh bersikap pasif. Tujuan kita di dalam proses ini adalah kesalehan —bukannya kecakapan dalam melayani—melainkan devosi yang terpusat pada Allah dan karakter yang menyerupai Allah.
Melatih kesalehan menuntut komitmen, pelayanan pengajaran Roh Kudus melalui Firman-Nya, dan latihan di pihak kita. Apakah kita siap untuk menerima tanggung jawab kita dan membuat komitmen? Saat kita merenungkan pertanyaan ini, marilah kita ingat bahwa “ibadah itu berguna dalam segala hal, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang” dan “ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar” (1 Tim 4:8; 6:6).
Siapa, kuatkanlah aku dengan kekuatan-Mu untuk melatih diriku di dalam kesalehan. Aku berjanji untuk hidup menurut jalan-Mu.
Charles Stanley


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: