Posted by: gpia | September 30, 2009

Bahan-Bahan Bangunan

Bahan-bahan Bangunan
Bekas bahan-bahan bangunan yang kami bongkar dari rumah yang sedang kami renovasi kini telah menggunung, bertumpuk tinggi siap untuk dibakar. Saya menyalakan korek api dan segera angin menghembuskan nyala api itu menjadi lidah-lidah raksasa. Terpaksa saya harus mundur beberapa meter. Api itu menjilat tinggi ke udara dan suhunya begitu panas, sehingga genangan air di sekitarnya pun terasa panas. Setelah menyaksikan adegan yang dahsyat itu, saya meninggalkan tempat itu dan pulang ke rumah.
Keesokan harinya saya kembali ke tempat itu, dan saya hampir-hampir tidak bisa percaya melihat apa yang ada di depan saya. Dari seluruh bahan bangunan yang menggunung kemarin yang tingginya hampir separuh rumah, yang tersisa hanyalah beberapa genggam abu. Dengan sebatang tongkat saya mengorek-ngorek gundukan abu yang tersisa. Ternyata hanya ada beberapa potong logam dan sedikit batu-batu kecil. Yang lainnya telah lenyap.
Suatu perubahan besar telah terjadi. Bahan-bahan bangunan itu tidak ada lagi, sebab bahan-bahan itu tidak mampu bertahan terhadap api.
Saya berdiri di sana dan bertanya kepada diri sendiri, jenis bahan bangunan apakah yang selama ini saya pakai untuk membangun kerajaan Allah, apakah tahan terhadap nyala api? Dapatkah Tuhan mengarahkan panas api-Nya terhadap bangunan yang saya dirikan, tanpa menimbulkan kerusakan?
Saya teringat akan sebuah ayat di dalam Alkitab, yaitu 1 Korintus 3:12-13. Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami, sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan tampak, karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan tampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu.
Tuhan tolonglah aku agar tidak membangun dasar imanku dari bahan jerami, kayu atau rumput kering, melainkan dari bahan-bahan bangunan logam mulia dan batu-batuan keras, yang bisa bertahan terhadap ujian nyala api.
Rudi Lack


Leave a Reply

Categories

